Cara Membeli Emas Di India

Beli Emas Di India - India menyukai logam kuning yang berharga. Obsesi kami akan emas adalah fakta yang terkenal di dunia, yang tidak perlu diperdebatkan. Dan jika kita mengatakan kita suka membeli emas, yang paling sering berarti perhiasan emas. Bagi rata-rata pembeli emas India, ini bukan hanya investasi tetapi juga aksesori fashion yang berharga. Dan kami senang memamerkannya setiap ada kesempatan, bukan? Pakaian wanita India dan lemari pakaiannya tidak pernah lengkap tanpa beberapa atau bentuk perhiasan emas di dalamnya.

Beli Emas Di India 


Rata-rata, orang India, baik di India maupun di seluruh dunia, adalah salah satu konsumen teratas perhiasan emas. Jumlah toko perhiasan yang berbintik-bintik di seluruh India adalah bukti dari hal ini. Sebagai populasi pecinta emas, kami yakin kami telah menguasai seni membeli perhiasan emas. Tetapi apakah keyakinan ini benar? Tidak juga, terutama jika kita mempertimbangkan jumlah perhiasan emas tidak murni yang beredar di pasar emas India. Paling sering, orang terkejut karena mereka tertipu membeli perhiasan emas yang tidak murni dengan harga perhiasan dengan kemurnian tinggi. Untuk membeli perhiasan emas asli dan menghindari kehilangan uang atas investasi Anda, baca terus.

Aturan Membeli Perhiasan Emas

Sebagai negara pencinta emas, penyebutan logam kuning menarik perhatian kita. Hal ini seringkali juga mengalihkan perhatian dari melakukan uji tuntas yang diperlukan untuk membeli perhiasan emas. Karena terburu-buru untuk membeli emas dengan harga terbaik, sering terjadi kesalahan. Namun, mengingat dosis membeli perhiasan emas dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan nilai investasi Anda.

Periksa kemurnian: Langkah pertama adalah memeriksa kemurnian emas yang digunakan untuk membuat perhiasan yang Anda lihat. Metode terbaik untuk memeriksa kemurnian emas adalah dengan menemukan ciri khas pada perhiasan tersebut. Sebuah ciri khas menunjukkan proporsi resmi emas yang digunakan. Badan resmi yang bertanggung jawab untuk mensertifikasi dan menandai perhiasan emas di India adalah Bureau of Indian Standards (BIS). Jadi, ketika Anda membeli emas, selalu pilih emas bersertifikat BIS.

Ketahui Dasarnya: Sekarang setelah Anda tahu bahwa Anda harus memeriksa ciri khas BIS, bagaimana Anda membacanya? Perhiasan apa pun dengan ciri khas dilengkapi dengan nomor tertentu yang biasanya diukir dengan stempel BIS. Itu juga membawa tahun ciri dan tanda untuk mengidentifikasi perhiasan itu. Untuk memahami apa itu caratage, cari huruf “K”. Ini menunjukkan karat atau persentase kemurnian. Misalnya, jika Anda membeli cincin emas 22 karat, itu berarti cincin itu mengandung 91,6% emas murni. Anda akan sering menemukan 916 terukir dalam perhiasan yang menampilkan karat ini. Ornamen bertabur batu dan emas putih serta ornamen emas mawar biasanya hadir dalam emas 18 karat, yang mengandung 75% emas murni.

Periksa ulang harga: Sama pentingnya dengan memeriksa ciri khasnya adalah memeriksa ulang harga. Kemurnian emas menentukan harganya. Harga logam mulia kuning berubah setiap hari tergantung pada harga pasar yang berlaku. Toko perhiasan di seluruh India menampilkan tarif harian bullion untuk konsumen mereka. Untuk memberikan gambaran bagaimana cara menghitung harga emas, diskon kemurnian emas dari harga bullion.

Baca : Jual Emas Jogja

Negosiasikan Biaya Pembuatan: Langkah penting lainnya saat membeli perhiasan emas adalah menegosiasikan biaya pembuatan. Membuat perhiasan melibatkan biaya tenaga kerja, yang diteruskan oleh pembuat perhiasan kepada pembeli. Biaya pembuatannya bervariasi karena umumnya merupakan persentase dari harga emas saat ini. Anda memiliki semua hak untuk menawar untuk mendapatkan harga terbaik atas perhiasan pilihan Anda.

Larangan Membeli Perhiasan Emas

Sekarang setelah Anda mengetahui dosnya, ingat juga yang tidak boleh dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:

Emas biasa vs. perhiasan bertabur batu: Yang pertama adalah menghindari membeli perhiasan bertabur batu - seperti anting berlian, gelang ruby, dan cincin zamrud - jika Anda membelinya sebagai investasi. Masalah dengan perhiasan bertabur batu adalah sulitnya menilai kemurnian batu. Jika Anda bersikeras hanya membeli perhiasan bertabur, periksa berat bersih emas dan bayar sesuai dengan itu. Perhiasan bertabur juga menimbulkan lebih banyak biaya karena desain dan polanya yang rumit padat karya.

Murah bukan berarti yang terbaik: Ada lebih dari 13.700 showroom dengan ciri khas BIS di India. Dan ada 435 pusat hallmarking dan assaying yang diakui BIS juga. Namun, ada banyak wilayah di negara ini yang tidak memiliki pusat ciri khas. Bidang perhatian lainnya adalah integritas dan kualitas beberapa pusat ciri khas, terutama di pedesaan India. Hal ini membawa kita ke poin terkait - jangan membeli perhiasan dari toko jika harganya murah tapi tidak memiliki ciri khas. Ini membuatnya sangat penting bagi Anda untuk membeli ornamen hanya dari toko perhiasan tepercaya, bertanda BIS. Untuk membuat hidup Anda mudah, situs web BIS memuat daftar ekstensif perhiasan terkemuka di negara ini. Anda juga dapat menghubungi BIS jika Anda tidak puas dan masih khawatir tentang pembelian di masa mendatang.

Jangan menjual kembali ke perhiasan lain: Kami, orang India, memiliki kebiasaan membeli ornamen baru dengan menukar perhiasan lama. Sebaiknya hindari menjual perhiasan emas Anda ke toko mana pun selain toko tempat Anda membelinya. Sebagian besar toko perhiasan memiliki kebijakan pembelian kembali yang memastikan Anda mendapatkan 100 persen dari nilai bersih emas. Namun, Anda hampir selalu harus melepaskan biaya pembuatan dari nilai jual kembali.

Jangan membeli perhiasan tanpa tagihan: Membeli perhiasan bukanlah tugas yang mudah. Anda harus membayar pajak dan jika Anda melakukan pembelian di atas INR 50000, Anda bahkan mungkin harus membagikan detail PAN Anda. Akibatnya, banyak orang membeli perhiasan tanpa tagihan dari toko. Hal ini dapat menimbulkan masalah bagi Anda, terutama saat Anda menukar perhiasan atau menjualnya kembali. Selalu, kami ulangi, selalu minta tagihan.

Manjakan diri Anda dalam cinta emas dengan sedikit kehati-hatian dan banyak persiapan. Memperhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam membeli perhiasan emas akan memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda, sekarang dan setiap saat.