Mangkok Dan Piring Dari Tanah Liat

Piring Tanah Liat - Tanah liat, partikel tanah yang diameternya kurang dari 0,005 milimeter; juga batuan yang pada dasarnya terdiri dari partikel tanah liat. Batuan dalam pengertian ini termasuk tanah, lempung keramik, serpih lempung, batulumpur, lempung glasial (termasuk lempung detrital dan terangkut dalam jumlah besar), dan lempung laut dalam (lempung merah, lempung biru, dan lumpur biru). Ini semua dicirikan oleh adanya satu atau lebih mineral tanah liat, bersama dengan jumlah bahan organik dan detrital yang bervariasi, di antaranya kuarsa yang dominan. Bahan tanah liat adalah plastik saat basah, dan koheren saat kering. Kebanyakan lempung adalah hasil pelapukan.

Mangkok Dan Piring Tanah Liat



Beberapa lempung alami, diaktifkan dengan pemanggangan atau pengolahan dengan uap atau asam, telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menghilangkan jejak kotoran ....

Tidak ada bahan piring tanah liat lain yang kepentingannya begitu luas atau kegunaannya yang begitu luas seperti halnya tanah liat. Mereka digunakan di berbagai industri. Sebagai tanah, mereka menyediakan lingkungan untuk hampir semua pertumbuhan tanaman dan karenanya untuk hampir semua kehidupan di permukaan bumi. Mereka menyediakan porositas, aerasi, dan retensi air dan merupakan reservoir kalium oksida, kalsium oksida, dan bahkan nitrogen.

Penggunaan tanah liat dalam pembuatan tembikar membuat catatan sejarah manusia antedates, dan tembikar tetap memberikan catatan peradaban masa lalu. Sebagai bahan bangunan, batu bata (dipanggang dan sebagai adobe) telah digunakan dalam konstruksi sejak zaman dahulu. Tanah liat yang tidak murni dapat digunakan untuk membuat batu bata, ubin, dan jenis gerabah yang lebih kasar, sedangkan kaolin, atau tanah liat cina, diperlukan untuk bahan mangkok keramik dengan kualitas yang lebih baik. Kegunaan utama kaolin lainnya adalah sebagai pelapis dan pengisi kertas; ini memberi kertas kilap dan meningkatkan opasitas. Bahan tahan api, termasuk batu bata api, bahan kimia, dan panci leleh untuk kaca, juga menggunakan kaolin bersama dengan bahan lain yang meningkatkan ketahanan terhadap panas. Mangkok tanah liat tertentu yang dikenal sebagai fuller's earth telah lama digunakan dalam penggosok wol. Dalam peracikan karet, penambahan tanah liat meningkatkan ketahanan terhadap keausan dan membantu menghilangkan masalah cetakan.

Bahan mangkok tanah liat memiliki berbagai macam kegunaan dalam bidang teknik. Bendungan tanah dibuat kedap air dengan menambahkan bahan tanah liat yang sesuai ke tanah berpori; kehilangan air di kanal dapat dikurangi dengan menambahkan tanah liat. Bahan baku penting dari semen portland adalah batu kapur dan tanah liat, biasanya tidak murni. Setelah pengolahan asam, lempung telah digunakan sebagai pelunak air; tanah liat menghilangkan kalsium dan magnesium dari larutan dan menggantikan natrium. Penggunaan utama tanah liat adalah sebagai lumpur pengeboran — yaitu, suspensi berat yang terdiri dari bahan tambahan kimia dan bahan pembobot, bersama dengan tanah liat, yang digunakan dalam pengeboran berputar.